Hari Lahir (HARLAH) Ke-1 UKM IQSAN UNTIDAR

 

KOTA MAGELANG – Setiap yang hidup pasti karena terlahirkan. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Ilmu Quran dan Seni Rebana (IQSAN) Universitas Tidar (Untidar) Magelang lahir pada 14 Februari 2020. Menginjak usia 1 tahun UKM IQSAN menggelar serangkaian kegiatan untuk memperingati Hari Lahir (HARLAH) Ke-1 UKM IQSAN UNTIDAR pada hari Minggu, 14 Februari 2021/ 2 Rojab 1442 H. Dengan melibatkan seluruh warga UKM IQSAN untuk berpartisipasi sebagaimana mengikuti rangkaian kegiatan yang dilaksanakan diantaranya:
1. Berbagai perlombaan,
2. Open donasi bencana Gunung Merapi,
3. Ziarah makam Auliya’,
4. Khataman, dan
5. Puncak acara dengan muqoddaman, tahlil, dan pembacaan maulid simthuduror serta mauidzoh hasanan oleh Habib Fatah Zahir Al-Athos.
HARLAH UKM IQSAN yang pertama ini berusungkan tema “Satu IQSAN untuk Seluruh UNTIDAR”.

Serangkaian acara yang dilaksanakan mulai tanggal 28 Januari-14 Februari 2021 diawali dengan kegiatan lomba cover sholawat dan kaligrafi. Kegiatan perlombaan dengan penjurian yang ketat oleh dewan juri yang profesional akan memperebutkan gelar juara I (cover sholawat) dan gelae juara I dan II (lomba kaligrafi) dan sertifikat lengkap dengan uang pembinaan.

Kegiatan Ziarah dilaksanakan pada tanggal 13 Februari 2021 dengan mengendarai sepeda motor rombongan berziarah ke 3 makam Auliya’ Kabupaten Magelang yang diantaranya makam KH.Chudlori Tegalrejo, Makam Sunan Geseng Grabag, dan Makam KH. Siroj Payaman.

Pada acara puncak tepatnya berlangsung pada 14 Februari 2021 dilaksanakan di MTs Ma’arif Pucang kab. Magelang yang dihadiri oleh seluruh anggota dan kepengurusan UKM IQSAN, Alumni, serta Pembina. UKM IQSAN juga menghadirkan dan mengundang Habib Fatah Zahir Al-Athos sebagai pengisi acara.

Meski acara ini berlangsung pada masa pandemi Covid-19, hal ini tidak menyurutkan semangat pengurus UKM Iqsan untuk memperingati HARLAH yang pertama. Acara yang direncanakan menjadi agenda tahunan ini dilaksanakan secara luring dan daring. Tujuan diadakannya perlombaan sebagai rangakaian acara HARLAH yang pertama ini adalah untuk meningkatkan semangat anggota mengikuti perlombaan cover sholawat dan kaligrafi. Selain itu diharapkan anggota IQSAN dapat melatih dan mengembangkan bakat yang dimiliki serta kepercayaan dirinya.

Ketua umum UKM Iqsan 2021, Mukhammad Abdur Rouf, mengatakan dengan diadakan HARLAH yang pertama ini diharapkan UKM IQSAN UNTIDAR kedepannya menjadi lebih baik lagi dan berprestasi. Serangkaian kegiatan ini dilaksanakan untuk mensyukuri atas didirikannya UKM IQSAN pada tanggal 14 Februari 2020.

“dibulan rojab ini, kita sebagai umat muslim dianjurkan untuk memperbaiki kualitas keimanannya salah satunya dengan khataman, ziarah, dan pembacaan maulidurrosul,” katanya.

Dikatakan Rouf, HARLAH pertama UKM IQSAN ini juga mendapat antusias yang sangat bagus dari Wakil Rektor III (Prof Sugiyarto. M.Si), Habib Fatah Zahir Al-Athos, ketua PCNU Kota Magelang (ky Ahmad Rifa’i), dan berbagai UKM internal/eksteral UNTIDAR.

Sukron Mazid selaku Pembina UKM Iqsan pun mengatakan beberapa patah doa dan harapan bagi UKM IQSAN, “Semoga tambah berkah, manfaat, dan sukses. Selalu terdepan dalam menjaga akidah ahlu sunnah wal jama’ah dan NKRI”.

Selain itu, disela-sela waktunya, Wakil Rektor III Bidang kemahasiswaan dan alumni (Prof Sugiyarto.M.Si) dalam video ucapannya mengatakan ” Teruslah melangkah untuk meraih berkah, jalan panjang terbentang , menantangmu untuk ikhlas berjuang, Al-Qur’an adalah pedoman pengabdian, Seni adalah kendali hati untuk tetap tertuju ilahi robbi”.