Arba’in Nawawi #7 Agama Adalah Nasihat

Ngaji Ramadhan
Kitab Arba’in Nawawi
Bersama Dr. Mahsun Mahfudz., M. Ag
#7 Agama Adalah Nasihat
عَنْ تَمِيمٍ الدَّارِيِّ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ: «الدِّينُ النَّصِيحَةُ» قُلْنَا: لِمَنْ؟ قَالَ: «لِلَّهِ وَلِكِتَابِهِ وَلِرَسُولِهِ وَلِأَئِمَّةِ الْمُسْلِمِينَ وَعَامَّتِهِمْ»
Bersumber dari Tamim Ad-Dari bahwa Nabi SAW bersabda, “Agama adalah nasihat.” Kami (sahabat Nabi) bertanya, “Untuk siapa?” Beliau menjawab, “Untuk Allah, Kitab, Rasul, para pemimpin muslimin dan mereka secara umum.”
Hadits ke tujuh dalam kitab Arba’in Nawawi menjelaskan mengenai agama sebagai nasihat. Makna dari agama adalah nasihat yaitu bahwa agama ini akan memberi kebahagiaan untuk siapapun yang memiliki agama. Dalam hadits tersebut dikemukakan bahwa nasihat tersebut untuk Allah SWT, untuk kitab, Rasul, para pemimpin, dan manusia secara umum.
1. Nasihat bagi Allah SWT berarti agama itu merupakan hukum-hukum Allah yang harus dilakukan dan larangan Allah yang harus ditinggalkan.
2. Nasihat bagi Kitab Allah berarti Agama itu mengajarkan iman dan mengamalkan apa yabg ada dalam Al-Qur’an.
3. Nasihat bagi Rasul Allah berarti agama itu mengajarkan untuk membenarkan ke Rasullan para utusan Allah SWT.
4. Nasihat bagi para pemimpin berarti agama itu merupakan pertolongan bagi para pemimpin untuk menjalankan kebenaran dab mengikuti perintah perintah para imam kecuali dalam kemaksiatan.
5. Nasihat untuk umumnya manusia berarti agama merupakan petunjuk bagi orang muslim baiknya agama dan urusan duniawi.
Dalam hal ini, agama akan memberikan apapun untuk kebaikan didunia maupun agama. Jika seseorang tidak memiliki agama, maka dia tidak akan mendapatkan petunjuk kebaikan. Ibarat sebuah payung, jika seseorang membawa payung maka ketika hujan dia tidak akan kehujanan dan jikapun tidak hujan payung tersebut masih bermanfaat untuknya agar tidak kepananasan atau dalam kata lain dia tidak akan rugi membawa payung.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *