HARI SANTRI NASIONAL 2021

Apel Virtual Kebangsaan Dalam Rangka Memperingati Hari Santri Nasional
KOTA MAGELANG – Santri Siaga Jiwa Raga merupakan slogan untuk memperingati Hari Santri Nasional 2021. Unit Kegiatan Mahasiswa Ilmu Al-Qur’an Dan Seni Rebana Universitas Tidar (UKM IQSAN Universitas Tidar) kembali menggelar acara untuk memperingati Hari Santri Nasional 2021 pada Hari Jum’at, (22/10/2021). Kegiatan tersebut dikemas dalam berbentuk Apel Kebangsaan yang dilaksanakan secara virtual. “Kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai wujud dukungan penuh atas peran pentingnya santri untuk kemerdekaan dan keutuhan serta pertahanan Bangsa Indonesia. Selain itu sebagai wujud rasa syukur dan dukungan penuh atas keberadaan santri yang ada di Kota Magelang, terutama yang sedang belajar di Universitas Tidar” ujar Mukhammad Abdur Rouf selaku ketua UKM IQSAN periode 2021.
Apel Kebangsaan secara virtual ini dimulai dari pukul 08.00 WIB dan berakhir pada pukul 09.00 WIB. Acara ini dihadiri oleh 50 orang yang terdiri dari Dosen, KAMADAR (Keluarga Alumni Arribatul Musthofa dan UKM IQSAN Untidar), pengurus UKM IQSAN periode 2021, dan para anggota UKM IQSAN UNTIDAR. Acara Apel ini dilaksanakan secara virtual sebagai wujud dukungan panitia untuk pencegahan penyebaran Covid-19. “Kondisi terikini Kota Magelang yaitu berada di Level 3, sehingga kegiatan yang dilakukan berbagai instansi harus tetap mematui protokol kesehatan secara ketat” Ujar Pegawai Kesbangpol Kota magelang disela-sela perizinan kegiatan UKM IQSAN. Acara ini mendapat apresiasi yang sangat baik dari Para Pembina dan Dosen karena acara ini sangat bagus dan menarik sebagai wujud perayaan Hari Santri Nasional 2021.
Serangkaian acara tersebut meliputi Menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Pembacaan Pancasila, Pembacaan UUD 1945, Amanat dari Dosen Universitas Tidar, dan dilanjutkan menyanyikan lagu Ya Lal Wathon dan Mars hari Santri Nasional. Daniel Fahmi Rizal M.Hum dalam amanat yang disampaikan, beliau menyampaikan terkait makna santri. “ Santri itu mempunyai banyak makna. Zaman dahulu santri itu artinya orang yang belajar, yang hidup dilingkungan kyai atau bisa dikatan nderek kyai. Tapi pada saat ini santri itu sangat komplek, ada santri kalong, santri digital, Santri Enterprenuer dan lain-lain. Santri mempunyai peran penting dalam kemerdekaan bangsa indonesia” Ujar Daniel Fahmi Rizal. M.Hum.
Kegiatan Apel Virtual Kebangsaan tersebut ditutup oleh doa bersama untuk kemashlahatan bersama terutama untuk memperoleh berkah dari Para Habaib, Kyai dan Alim Ulama. Tema Hari Santri Nasional 2021 ini adalah Santri Siaga Jiwa Raga. (MAR)

361 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *