IQSAN Goes to Jambi

IQSAN Berhasil Menyabet 4 Kejuaraan dalam Musabaqah Tilawah Qur’an Mahasiswa Nasional FKIP Se-Indonesia Universitas Jambi


Magelang, UKM IQSAN UNTIDAR- Beberapa perwakilan IQSAN berhasil menjadi finalis MTQMN FKIP pada (12/09/22) yang diselenggarakan oleh Universitas Jambi.  MTQMN FKIP Se-Indonesia adalah sebuah ajang Musabaqoh yang diadakan oleh PTQ FKIP Universitas Jambi dimana perlombaan ini diikuti oleh FKIP Universitas Negeri yang ada di Indonesia. Lomba ini dimulai secara online ketika babak penyisihan. Kemudian setelah pengumuman finalis lomba, para finalis akan maju ke tingkat final yang diadakan di kampus Universitas Jambi langsung.

Dalam MTQMN ini terdapat 10 cabang lomba yaitu

  • Musabaqoh Tilawatil Qur’an (TLQ)
  • Musabaqoh Fahmil Qur’an (FQ)
  • Musabaqoh Syarhil Qur’an (SQ)
  • Musabaqoh Tartil Qur’an (TQ)
  • Musabaqoh KTI Kandungan Al-Qur’an (KTIQ)
  • Musabaqoh Hifdzil Qur’an 10 Juz (HQ)
  • Musabaqoh Khattil Qur’an Dekorasi (KQD)
  • Musabaqoh Maulid Berjanji (MB)
  • Debat Ilmiah Kandungan Al-qur’an Dalam Bahasa Arab (DA)
  • Debat Ilmiah Kandungan Al-qur’an Dalam Bahasa Inggris (DI)

Dalam hal ini, 10 perwakilan UKM IQSAN berhasil menjadi finalis dan berangkat ke Jambi.

10 finalis lomba, meliputi:

  • Musabaqoh KTI Kandungan Al-Qur’an (KTIQ)
  • Musabaqoh Khattil Qur’an Dekorasi (KQD)
  • Musabaqoh Maulid Berjanji (MB)
  • Debat Ilmiah Kandungan Al-qur’an Dalam Bahasa Inggris (DI)

2 official sebagai pendamping

Kegiatan Final MTQMN dilaksanakan pada 12-14 September 2022. Diikuti lebih dari 5 universitas ternama di Indonesia, ajang final ini pun menjadi sebuah pertemanan baru dan menjalin silaturahmi terutama antar peserta finalis MTQMN sendiri. Di hari pertama, para finalis melakukan registrasi sekaligus final Musabaqoh Tilawah Qur’an. Kegiatan final dilaksanakan di Kampus Pusat Universitas Jambi yang terbadi di beberapa fakultas dan Alhamdulillah kegiatan final berjalan dengan lancar tanpa ada suatu halangan apapun.

Di hari kedua, kita berwisata ke Candi Muara Jambi, Kebun Nanas dan Jembatan Gentala, yang mana embatan Gentala menjadi tempat ikonik di Kota Jambi dimana hampir setiap sore jembatan yang menyebrangi Sungai Batanghari itu selalu ramai dikunjungi para wisatawan local maupun luar.

Dihari ketiga, para finalis MTQMN mengikuti acara penutupan kegiatan sekaligus penguguman lomba MTQMN. Alhamdulillah kontingen Universitas Tidar mendapatkan beberapa juara yaitu

  • Musabaqoh KTI Kandungan Al-Qur’an (KTIQ) juara 2
  • Musabaqoh Khattil Qur’an Dekorasi (KQD) juara 3
  • Musabaqoh Maulid Berjanji (MB) juara 3
  • Debat Ilmiah Kandungan Al-qur’an Dalam Bahasa Inggris (DI) juara 1

Juara 3 Khaththil Qur’an

Juara 3 Maulid Berjanji

Juara 2 KTI

Juara 1 Debat Bahasa Inggris


Penulis : Farich Sidana
Editor : Malikatun Nasikhah

TCB (TIDAR CHARACTER BUILDING)

UNTIDAR SUKSES GELAR TCB (TIDAR CHARACTER BUILDING) PENGUATAN KARAKTER SPIRITUAL UNTUK MAHASISWA BARU 2022


Magelang, UKM IQSAN UNTIDAR- Universitas Tidar menggelar acara TCB (Tidar Character Building) sebagai penguatan karakter spiritual pada (10/09/2022) yang bertempat di GOR Samapta. Kegiatan ini dihadiri oleh bapak ibu dosen agama Universitas Tidar, WR 3 bidang kemahasiswaan, dan mahasiswa baru Universitas Tidar 2022. Acara ini juga mendatangkan narasumber yang luar biasa yakni, K.H Muhammad Yusuf Chudlori dan Ustadzah Asna Dzurofah, S.Ag.

Pra acara diisi penampilan dari rebana UKM IQSAN Untidar yang membawakan beberapa lagu solawat. Acara ini diawali dengan pembukaan oleh MC, menyanyikan lagu Indonesia raya, pembacaan ayat suci Al-Quran, sambutan-sambutan, acara initi, dan yang terakhir ada penutup sekaligus doa.

Wakil Rektor 3 bidang kemahasiswaan Prof. Dr. Sugiyarto, M.Si menyampaikan bahwa “Melalui acara ini, Saya harapkan terbentuk karakter yang baik bagi mahasiswa untidar memiliki religi sempurna yang baik, dan tentu saja kami sebagai pengurus untidar harus sebagai stimulan untuk membekali karakter spiritualitas yang baik”, dalam sambutannya tersebut  secara resmi beliau membuka acara TCB (Tidar Character Building) ini.

Setelah sambutan, langsung ke acara inti yakni ada dua tausiyah yang akan disampaikan, untuk yang pertama dibawakan oleh K.H Muhammad Yusuf Chudlori dan dimoderatori oleh Lucki Al Luqman. “Sebagai mahasiswa selain berilmu, juga harus memiliki ketaqwaan” selain itu, beliau juga menyampaikan mengenai cita-cita, bahwa “Jangan cari tampilan luarnya saja, pondasinya harus diutamakan”. Pada sesi ini dibuka pula sesi tanya jawab, mahasiswa aktif serta antusias bertanya kepada beliau. Sesi penyampaian tausiyah yang pertama ini ditutup dengan pembacaan kesimpulan oleh moderator dan penyerahan plakat dari pihak Universitas Tidar.

Lanjut pada tausiyah yang kedua yang akan dibawakan oleh Ustadzah Asna Dzurofah, S.Ag (Ustadzah Asna) dan dimoderatori oleh Muhammad Adrian Rizky. Beliau menyampaikan “ Siapapun yang rajin berlatih, maka tidak akan tersisih”, Beliau juga memberikan tausiyah mengenai pentingnya mahasiswa agar tetap belajar dan terus menghormati serta menghargai orang tua. Pada sesi ini pula dibuka sesi tanya jawab, mahasiswa baru berpartisipasi aktif dan sangat antusias. Penutup dari tausiyah yang kedua ini ialah pembacaan kesimpulan oleh moderator dan penyerahan plakat dari pihak Universitas Tidar.

Penyampaian tausiyah oleh kedua narasumber telah berakhir, Lantas acara ditutup oleh MC, akan tetapi terdapat pembacaan doa di penutupan ini yang dipimpin oleh Pak Nashikh selaku dosen agama di Universitas Tidar. Lantas setelah doa, seluruh mahasiswa baru keluar dari ruangan acara untuk kembali ke tempat tinggalnya masing-masing.


Penulis : Arinda Hikmawati
Editor : Malikatun Nasikhah

MANGAN dan DIKSRI 1

Marhaban Ya Anggota IQSAN (MANGAN) dan Pendidikan Seni Religi 1 (DIKSRI) Tahun 2022


Magelang, UKM IQSAN UNTIDAR- hari Sabtu dan Minggu tanggal 10-11 September 2022 telah diselenggarakan acara MANGAN dan DIKSRI 1 di Balai Rw 5 Potrobangsan, Kota Magelang. Marhaban Ya Anggota IQSAN (MANGAN) adalah kegiatan penyambutan anggota baru UKM IQSAN Periode 2022. DIKSRI atau Pendidikan Seni Religi adalah kegiatan pelatihan keorganisasian kepada anggota baru UKM IQSAN oleh kepengurusan UKM IQSAN tahun 2022. Kegiatan ini bertujuan untuk mengasah kemampuan mahasiswa dalam berorganisasi dan berkarya khususnya dalam bidang seni dan religi. Dengan terlaksananya acara tersebut, harapan kami peserta dapat berperan dalam perkembangan organisasi dan semakin cinta kepada UKM IQSAN ini. Tema yang diusung adalah “menyalurkan keberagaman untuk menghasilkan persaudaraan”.

Di hari pertama MANGAN dan DIKSRI, kegiatan pertama yaitu MANGAN (Marhaban Ya Anggota IQSAN) diawali dengan pembukaan yang diprakarsai oleh MC yang dilanjutkan sambutan-sambutan. Dalam sambutannya ketua panitia, Lulu Dewi Saputri menyampaikan bahwa kegiatan MANGAN ini untuk menyambut kedatangan anggota baru UKM IQSAN  tahun 2022 dan harapanya anggota baru UKM IQSAN dapat berkontribusi aktif dalam setiap kegiatan di UKM IQSAN. Dan berharap kegiatan DIKSRI dapat menambah wawasan keorganisasian anggota baru UKM IQSAN.

Ketua UKM IQSAN, Yusna Hidayat menyampaikan bahwa kegiatan MANGAN ini diharapkan untuk memperkenalkan lebih dekat UKM IQSAN dan dapat mempererat persaudaraan. Dan kegiatan DIKSRI diharapkan dapat memberikan banyak ilmu keorganisasian dan bagaimana anggota mengetahui minat dan bakatnya.

Setelah beberapa sambutan disampaikan, dilanjutkan dengan pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an kemudian menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars Mahasiswa dan Ya Lal Wathon dilanjutkan acara inti yaitu pengenalan fungsionaris UKM IQSAN periode 2022. Setelah itu penutupan acara MANGAN dan dilanjutkan pergantian mc ke kegiatan kedua yaitu DIKSRI 1. Pertama  pembukaan oleh mc selanjutnya pengenalan moderator 1 dan dilanjut dengan pengenalan pemateri 1 oleh moderator 1 dan pemaparan materi 1 oleh ketua umum UKM IQSAN, Yusna Hidayat tentang ke-IQSANan sekaligus tanya jawab dilanjutkan ISOMA. Selanjutnya pengenalan moderator 2 oleh mc dilanjut pengenalan pemateri 2 oleh moderator 2 dan pemaparan materi ke 2 tentang Minat dan Bakat oleh Rastono, S. E. sekaligus tanya jawab. Selanjutnya ada ice breaking yang berisi game. Selanjutnya pengenalan  moderator 3 oleh mc dan dilanjutkan pengenaan pemateri 3 oleh moderator 3 dan pemaparan materi tentang keorganisasian oleh Muhamad Miftachul Arifin, S.T.  Setelah itu Penutupan acara DIKSRI oleh mc.

Di hari ke-2 yaitu kegiatan SAFARI. Kegiatan safari ini bertujuan mengenalkan 5 divisi keterampilan yang ada di UKM IQSAN periode 2022. Kegiatan diawali dengan pembukaan oleh mc, dilanjutkan dengan ice breaking yang berisi game. Selanjutnya yaitu pengarahan safari, dan dilanjutkan safari divisi. Disini anggota baru dibagi 5 kelompok dan setiap kelompok didampingi oleh 2 panakel (penanggung jawab kelompok dari panitia). Selanjutnya pelaksanaan safari oleh anggota baru UKM IQSAN dilanjutkan ice breaking yang diisi game dan diakhiri dengan Penutup.

Foto Bersama Anggota Baru dan Pengurus UKM IQSAN

Foto Bersama Panitia Kegiatan


Penulis : Wahyu Eka
Editor : Malikatun Nasikhah

PPK ORMAWA UKM IQSAN UNTIDAR

Sosialisasi PPK Ormawa UKM IQSAN Tahun 2022


Magelang, UKM IQSAN UNTIDAR- hari Minggu tanggal 31 Juli 2022 Pukul 14.30 WIB s.d 16.00 WIB telah diadakan sosialisasi perencanaan pembangunan rumah inovasi sanggar wayang dan program kerja tim PPK UKM IQSAN UNTIDAR. Kegiatan ini bertempat di rumah bapak Mulyadi, salah satu warga di kampung Gumuk Sepiring, Tidar Udara, Kec. Magelang Selatan, Kota Magelang. Acara ini dihadiri oleh warga kampong  Gumuk Sepiring dan Ibu Lurah Tidar Utara.

Sambutan dari ketua UKM IQSAN

Hasil dari sosialisasi tersebut adalah adanya kesepakatan dan juga dukungan dari warga setempat bahwa kampung mereka akan digunakan sebagai tempat pelaksanaan beberapa program kerja PPK UKM IQSAN UNTIDAR selama empat bulan kedepan. Dukungan dari warga diwujudkan dalam bentuk tenaga kerja pembangunan rumah inovasi serta beberapa tempat tinggal warga yang diperbolehkan untuk ditempati saat kegiatan PPK berlangsung.

Adapun perinciannya, sosialisasi ini menghasilkan beberapa saran, masukan dan kesepakatan sebagai berkut :

  1. Kesepakatan pembangunan rumah inovasi sayang (sanggar wayang) sementara berada di tempat milik Pak Mulyadi.
  2. Diadakan tambahan program berbasis religi seperti rebana dan pengajaran baca tulis Al-Qur’an (TPQ).
  3. Pelatihan pembuatan wayang akan dilaksanakan segera setelah sosialisasi selesai.
  4. Setelah wayang dan rumah inovasi sayang selesai dibuat akan diadakan penampilan teater yang pemainnya adalah kolaborasi antara TIM PPK UKM IQSAN UNTIDAR dengan warga setempat.
  5. Bersamaan dengan penampilan teater, juga akan diadakan pementasan wayang oleh dalang professional (Pak Kaji Habib) dan pengadaan bazar dengan sasaran masyarakatan kabupaten.
  6. Terbentuk koordinator dari warga setempat, yaitu :
    • Pelaksanaan program baca tulis Al-Qur’an (TPQ)

Bapak Mulyadi : 081228125550

    • Pelaksanaan program pembangunan rumah inovasi sayang

Asrodin : 083146635849

  1. Dibuatkan plang untuk pemberian tanda pada makam di daerah tersebut.
  2. Selain wayang plastik, warga memberi usul untuk juga dibuatkan wayang pakem.

Foto bersama dengan warga


Penulis : Izzudin Abdul Faroj
Editor : Malikatun Nasikhah

Muhadharah

Muhadharah UKM IQSAN Universitas Tidar 2022


Magelang, UKM IQSAN UNTIDAR- Muhadharah  atau pentas seni religi UKM IQSAN merupakan salah satu upaya UKM IQSAN Universitas Tidar dalam mengambangkan, mengajak, serta mengenalkan berbagai macam seni religi, yaitu dengan diadakannya suatu pertunjukan. Kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu tanggal 18 Agustus 2022 di  Joglo Kandang Lestari, Tempuran, Magelang.

MC Muhadharah

Rangkaian acara tersususn rapi, acara pertama diawali dengan pembukaan yang diprakarsai oleh MC, sambutan-sambutan. Dalam sambutann oleh ketua panitia, Shofiyuddin Ali Ahmad menyampaikan terima kasihnya kepada panitia, tamu, dan penonton yang telah meramaikan dan menyukseskan acara Muhadharah UKM IQSAN dan menyampaikan maaf jika terdapat suatu kesalahan baik yang disengaja atau tidak. Ketua UKM IQSAN, Yusna Hidayat menyampaikan bahwa Muhadharah itu ajang pentas seni pengurus atau anggota UKM IQSAN setelah bergabung selama setengah tahun, kemudian harapannya, muhadharah jangan hanya dijadikan ajang pentas seni tapi juga silaturrahim antar UKM IQSAN dengan UKM di Universitas Tidar, dengan ORMAWA tingkat prodi, fakultas, dan universitas termasuk mahasiswa umum dan juga dengan masyarakat sekitar Joglo Kandang Lestari.

Peserta arak-arak

Arak-arakan oleh pengurus UKM IQSAN yang diiringi sholawat Mahalul Qiyam dan kemudian pengenalan divisi UKM IQSAN menempati acara selanjutnya. Pertunjukan yang pertama diisi drama dari divisi tahfidz yang bercerita tentang kehidupan di Pesantren Al-IQSAN diiringi dengan berbagai cerita, lelucon, murojaah, suara adzan yang begitu indah. Tentu alur cerita ini tidah jauh dari keseharian anggota UKM IQSAN. Diselanya, ada pelatihan tartil tilawah dan tari zapin. Zapin merupakan khazanah tarian rumpun melayu yang mendapat pengaruh dari arab. Tarian ini bersifat edukatif sekaligus menghibur, digunakan sebagai media dakwah islamiah melalui syair lagu lagu zapin yang yang didendangkan. Tari zapin kali ini ditampilkan oleh tiga laki-laki yang menari tari zapin khas laki-laki.

Penampilan kedua yaitu penampilan dari tim rebana membawakan 2 lagu shawat yang indah. Penampilan ketiga yaitu  dari tim kaligrafi yang mempresentasikan dan menjelaskan tentang kaligrafi dan karya-karya mereka yang terlukis indah ikut mengindahkan tempat kala itu. Penampilan keempat yaitu dari tim KTIA yang menampilkan Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an mereka yang dipresentasikan dengan judul “EPIK: e-modul pendidikan islam kekinian untuk meningkatkan generasi muslim berkualitas di era society 5.0”. Penampilan kelima yaitu penampilan tari zapin yang perempuan dengan tarian khas perempuan yang indah.

Tari Zapin Putri

Penampilan keenam yaitu penampilan nasyid, nasyid yaitu satu seni Islam dalam bidang seni suara. Biasanya merupakan nyanyian yang bercorak Islam dan mengandungi kata-kata nasihat, kisah para nabi, memuji Allah, dan yang sejenisnya.

Penampilan yang ketujuh yaitu penampilan Syarhil Qur’an yaitu mengungkapkan isi kandungan Al-Qur’an dengan cara menampilkan bacaan, puitisasi/terjemah dan uraian yang menunjukkan kesatuan yang serasi. Dalam hal ini tim Syarhil menyampaikan toleransi keberagaman agama di Indonesia. Penampilan yang kedelapan yaitu penampilan tim rebana untuk mengiringi penutupan acara, rebana kali ini menggunakan alat musik modern semacam gitar dan lainnya yang menyanyikan rindu Muhammadku, sholawat mughrom, hayyul hadi, dan sholawat jibril yang menghibur kala itu. Kemudian penutup dan dokumentasi, dengan para panitia,tamu, peserta dan lain sebagainya yang berfoto di photobooth yang disediakan.


Penulis : Sovi Puji Utami
Editor : Malikatun Nasikhah

PPK UKM IQSAN UNTIDAR 2022

UKM IQSAN UNTIDAR Berhasil Terima Bantuan PPK Ormawa Kemdikbudristek Tahun 2022


Magelang, UKM IQSAN UNTIDAR- Berdasarkan Surat Edaran Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi nomor 2741/E2/KM.09.00/2022 tanggal 15 Juni 2022. Unit Kegiatan Mahasiswa Ilmu Al-Qur’an dan Seni Rebana (UKM IQSAN) Universitas Tidar berhasil lolos sebagai penerima bantuan Program Penguatan Kapasitas (PPK) Organisasi Mahasiswa (Ormawa) tahun 2022.

Rapat penentuan kepanitiaan PPK UKM IQSAN

Dengan mengambil tema Rumah Inovasi, tim PPK Ormawa UKM IQSAN UNTIDAR mengangkat judul “Pemberdayaan Pemulung dalam Pemanfaatan Sampah menjadi Wayang dan  Rumah Inovasi Sanggar Wayang di Kelurahan Tidar Utara untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat”. Kegiatan PPK Ormawa UKM IQSAN UNTIDAR ini akan dilaksanakan di Kampung Kiringan Baru dan Tidar Krajan yang terletak di Kelurahan Tidar Utara, Kecamatan Magelang Selatan, Kota Magelang. Kegiatan yang akan dilakukan oleh Tim PPK Ormawa UKM IQSAN UNTIDAR, yaitu memberi pelatihan ke masyarakat setempat bagaimana sampah plastik dapat dimanfaatkan sebagai suatu produk yang bermanfaat dan mengedukasi yaitu “Wayang”. Selain itu, akan ada pertunjukan teater dimana akan menampilkan peranan dari wayang-wayang yang telah dibuat tersebut. Dari wayang-wayang yang telah dibuat, akan dijadikan satu dalam satu rumah yang kita namakan rumah inovasi sayang (Sanggar Wayang).

Hal lain yang dilakukan terhadap wayang yang telah dibuat selain menjadi suatu pertunjukan, yaitu produk ini akan dipasarkan melalui media sosial online maupun offline. Harapannya warga cepat untuk menyerap pelatihan yang telah diajarkan dan dapat dilakukan secara mandiri serta dapat melakukan pelatihan kepada pengunjung di rumah inovasi Sayang dalam rangka mecapai tujuan penguatan ekonomi di daerah ini.

Tim PPK Ormawa UKM IQSAN UNTIDAR juga telah melakukan beberapa kegiatan diantaranya membuat akun instagram yang bernamakan rumahinovasi_sayang. Akun tersebut akan diisi dengan berbagai konten kegiatan yang dilakukan saat pelaksanaan PPK di kampung tersebut. Selain membuat akun Instagram, Tim PPK Sayang juga telah melakukan pelatihan pembuatan wayang dengan Pak Kaji Habib. Beliau adalah seorang seniman wayang dan batik yang bertempat tinggal di Kota Magelang. Dalam pelatihan tersebut tim PPK Sayang diberi pengajaran bagaimana cara membuat wayang dari sampah plastik. Hal ini dilakukan oleh tim PPK Sayang untuk mendapatkan ilmu atau bekal disaat nanti akan melakukan realisasi kegiatan di Kelurahan Tidar Utara (14/07/22).

Logo Rumah Inovasi SAYANG

Selain itu, di dalam akun Instagram tersebut sudah terdapat launching logo dari PPK Rumah Inovasi Sanggar Wayang dengan menggunakan beberapa elemen seperti gunungan wayang yang bermakna gunung-gunung yang ada di Magelang, bentuk segitiga yang menggambarkan perkembangan ke arah keberhasilan, khot khufi bertuliskan “Sayang” yang menjadi ciri khas dari seni kaligrafi di UKM IQSAN sendiri, segitiga dan khot khufi melambangkan rumah sebagai tempat berteduh, berlindung, dan belajar. Selan itu, terdapat tulisan “Rumah Inovasi Sayang” sebagai identitas diri dan warna gradasi coklat menggambarkan kehangatan, keemasan bermaksud prestasi dan hitam memberi kekuatan. Selanjutnya untuk agenda pekan ini adalah pembuatan  wayang dari sampah plastik yang ada untuk mempersiapkan kegiatan sosialisasi ke warga.


Penulis : Arinda Hikma Wati
Editor : Malikatun Nasikhah

INFO Kejuaraan KTIA

Divisi KTIA Raih Juara 2 Lomba Artikel Islami Gebyar Ramadhan Universitas Diponegoro


Seperti biasa, grup IQSAN ramai dengan kata-kata. Pamflet datang dan pergi bahkan tanpa dibaca. Detik itu, pamflet Gebyar Ramadhan UNDIP menawarkan beberapa cabang lomba. Artikel Islami begitu menggoda dan menarik hati. Namun sayang, keinginan itu belum dibarengi dengan eksekusi. Sehingga membangkitkan semangat Divisi KTIA (Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an) untuk mengirimkan beberapa karyanya ke lomba tersebut.

Foto Meili Ekawati

Meili Ekawati, ketua divisi KTIA  mengatakan bahwa manusia harus mengatasi tekanan yang terdapat dalam kehidupan supaya menjadi normal dimana kondisi pikiran yang tenang dapat membuat seseorang lebih produktif dan bermanfaat bagi sekitarnya. Oleh karena itu, kecemasan perlu direduksi supaya kesehatan mental lebih terjaga dan dapat menjadi pribadi yang produktif dan bermanfaat. “Al-Qur’an sebagai obat telah menjelaskan cara dalam menangani kecemasan. Q.S ArRa’D (13):28 menyatakan dengan mengingat Allah, hati dapat menjadi tenteram. Oleh karena itu, dzikir dapat menjadi alternatif dalam mengurangi kecemasan supaya seseorang dapat fokus untuk meningkatkan kualitas diri,” jelas Meili. “Sayangnya, kesibukan dan kewajiban yang dimiliki manusia seringkali membuat lalai untuk berdzikir dan akhirnya terjebak dalam kecemasan dan beban kehidupan. Oleh karena itu, Time Management ala Rosulullah SAW sangat perlu ditiru supaya kontinuitas dzikir juga dapat terjaga,” tambahnya.

Di masa sekarang ini media sosial telah menjadi bagian tak terlepaskan dari setiap orang. “Kondisi ini harus dimanfaatkan dengan baik sebagai sarana edukasi dan juga media dakwah supaya tidak menjadikan mudharat atau bahaya. Oleh karena itu, arah gerak media sosial perlu direncanakan dengan baik,” ujar Meili. Gagasan yang dicetuskan oleh Meili adalah “Remember Me”, yaitu pemanfaatan media sosial sebagai pengingat viewers untuk melaksanakan dzikir harian. Postingan diatur dengan Time Management ala Rosulullah SAW, mencakup beberapa aspek yaitu: pengingat dzikir, amalan harian, motivasi untuk mengeksplorasi diri sesuai passion, serta layanan konsultasi masalah yang dihadapi.

Lebih lanjut Meili menguraikan dalam memanfaatkan media sosial sebagai alat reduksi anxiety, “Remember Me” sudah seharusnya digaungkan dalam membangun, mempengaruhi, memotivasi dan menghimbau masyarakat untuk mengingat Allah SWT sebagai langkah awal mem-follow up diri. Adapun langkah yang harus dilakukan dalam merealisasi “Remember Me”: yaitu :

1. Pembuatan konten dengan memperhatikan aspek pengingat dzikir, amalan harian, motivasi untuk mengeksplorasi diri sesuai passion.

2. Spam di setiap platform digital, promosi “Remember Me” di berbagai media sosial yang dapat meningkatkan motivasi dan semangat dalam meningkatkan kualitas diri.

3. Manajemen posting media sosial yang dibuat secara rutin setiap hari dan estetik sehingga dapat mentransfer semangat. Selain itu, pelayanan konsultasi masalah perlu diatur dengan baik supaya tujuan yang diharapkan dapat tercapai.

Alhamdulillah, tulisan Meili yang merupakan salah satu delegasi Divisi KTIA UKM IQSAN UNTIDAR  berhasil meraih juara 2 dalam lomba Artikel Islami Gebyar Ramadhan Universitas Diponegoro. Artikel yang digagas oleh Meili berjudul “Remember Me”: Revitalisasi Gerak Media Sosial sebagai Alteranatif Reduksi Anxiety dengan Time Management Ala Rosulullah SAW.


Penulis : Huminfo

Gema Taman Santri Ramadhan 1443 H SMP Negeri 2 Magelang bersama UKM IQSAN

Magelang – Gema Taman Santri Ramadhan 1443 H diselenggarakan di Balai Pelajar SMP 2 Magelang, pada tanggal 12 – 13 April 2022. Gema Ramadhan merupakan kegiatan pertama sebagai realisasi kerjasama antara Universitas Tidar dan SMP Negeri 2 Magelang sesuai dengan MoU (Memorandum of Understanding) yang tertandatangan oleh kedua belah pihak pada tanggal 25 Maret 2022.

Penampilan Rebana UKM IQSAN UNTIDAR

Kegiatan berjalan selama dua hari, dimana hari pertama dihadiri oleh siswa presensi awal, sedangkan lainnya hadir di hari ke-2.

Rebana UKM IQSAN turut memeriahkan acara Gema Taman Santri dengan kumandang sholawat sebagai pembukaan. Sebelum makhalul qiyam Ketua Umum UKM IQSAN Yusna Hidayat meminta kepada seluruh peserta untuk khusyuk, sebagai bentuk penghormatan kepada Nabi Muhammad SAW.

 

Sambutan Wakil Walikota Magelang Drs. KH. M. Mansyur, M.Ag.

Di hari pertama Wakil Walikota Magelang Drs. KH. M. Mansyur, M.Ag  hadir dalam pembukaan kegiatan. Beliau memberikan mauizatul hasanah serta menekankan pentingnya pendidikan akhlaq bagi remaja yang salah satunya dalam bentuk syair sholawat oleh UKM IQSAN.

Sambutan selanjutnya dari Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Magelang, Imam Baihaqi, M.Pd. yang menuturkan hikmah puasa dari sisi medis. Hal ini tentunya sangat bermanfaat bagi siswa yang kini sedang menjalankan ibadah puasa Bulan Ramadhan.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh beberapa siswa non islam, ujar Kepala SMP N 2 Magelang, Fatin Mahdalina, S.Pd. Hal ini menunjukkan toleransi yang tinggi di sekolahnya. Acara Pembukaan diakhiri dengan Wafiq Azizah yang melantunkan sholawat Padang Bulan dan Yallal Wathon.

Dilanjutkan dengan edukasi tentang kaligrafi dan tartil oleh staff UKM IQSAN. Pertama ada divisi Kaligrafi yang disampaikan oleh Edi Waluyo dan Setya Agustina. Keduanya menjelaskan terkait definisi, jenis, sejarah, fungsi, dan cabang perlombaan kaligrafi.  Selain divisi kaligrafi, UKM IQSAN juga turut memaparkan macam-macam irama lagu dalam membaca Al-Qur’an oleh Staff Divisi Tartil dan Tilawah disertai dengan contoh pelafalannya.

Foto bersama seluruh peserta, panitia, dan guru yang turut memeriahkan acara

Serangkaian Gema Taman Santri Ramadhan telah usai ditandai dengan upacara penutupan. Dalam penutupannya terdapat pengumuman lomba konten  Ramadhan yang diadakan oleh OSIS SMP N 2 Magelang. Pasca pengumuman dilanjutkan dengan foto bersama dan sambutan disertai penutupan oleh Kepala SMP N 2 Magelang. Beliau mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah menyukseskan acara tersebut, serta mengharapkan bahwa dengan adanya awal kegiatan ini mampu menjalin kerjasama yang berkelanjutan antara Universitas Tidar dan SMP Negeri 2 Magelang.


Penulis   & Editor : Malikatun Nasikhah

DIKSRI II (Offline)

Membentuk Calon Organistor yang profesional dan Berkontribusi Aktif dalam Organisasi


Magelang – UKM IQSAN UNTIDAR mengadakan DIKSRI II merupakan singkatan dari (Pendidikan Seni Religi II) yang merupakan pendidikan dan pelatihan dasar bagi anggota UKM IQSAN UNTIDAR yang dilakukan secara Offline pada hari Kamis, 7 April 2022 di Gedung MTs YAKTI Tegalrejo.

Kegiatan DIKSRI II UKM IQSAN UNTIDAR bertema “Membentuk Calon Organistor yang profesional dan Berkontribusi Aktif dalam Organisasi”. Kegiatan ini merupakan pendidikan dan pelatihan dasar bagi anggota UKM IQSAN UNTIDAR. Kegiatan ini dilaksankan oleh pengurus IQSAN UNTIDAR periode 2022/2023. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi pondasi dasar bagi anggota dalam berorganisasi berdasarkan budaya organisasi seni religi dan budaya islami.

Kegiatan ini dihadiri oleh :

  • Peserta DIKSRI II ini merupakan anggota UKM IQSAN UNTIDAR angkatan 2020 dan 2021 serta para pengurus UKM IQSAN yang telah mengikuti kegiatan DIKSRI II secara online sebelumnya. Peserta yang hadir terdapat 45 orang.
  • Panitia yang hadir terdapat 31 orang.
  • Pembina UKM IQSAN yang mengikuti yaitu Bapak Daniel Fahmi Rizal.
  • Ketua UKM IQSAN yaitu Yusna Hidayat.
  • KAMADAR atau keluarga alumni Aribatul Mushtofa dan UKM IQSAN UNTIDAR.

Kegiatan Peserta diawali dari kumpul di GOR SAMAPTA untuk berangkat bersama-sama menuju makam Mbah Chudlori. Setelah berziarah peserta menuju ke tempat acara DIKSRI II yaitu di Gedung Yayasan YAKTI Tegalrejo.

Foto Bersama Setelah Ziarah ke Makam KH. Chudlori

Setelah peserta sampai, acara pun dimulai dengan pembukaan dan sambutan-sambutan.

Dalam sambutannya saudari Lulu Dewi saputri selaku ketua panitia mengucapkan terimakasih kepada panitia yang telah mempersiapkan acara dengan baik. Diharapkan mendapatkan pengalaman, dan menjadi mahasiswa yang cerdas, terampil dalam berorganisasi serta menjadi organisator yg profesional dalam beorganisasi..

Dalam sambutannya saudara Yusna Hidayat  selaku Ketua Umum UKM IQSAN UNTIDAR mengucapkan terima kasih kepada seluruh Panitia yang telah mempersiapkan acara DIKSRI II dengan baik. selamat datang kepada peserta DIKSRI II, diharapkan peserta dapat mempraktikan disini dari apa yang telah dapatkan dari materi kemarin melalui online. Kemudian disini juga untuk menyambung silaturahim, dan setelah DIKSRI II peserta bisa bergabung dalam kepengurusan UKM IQSAN.

Sambutan oleh pembina UKM IQSAN yaitu Bapak Daniel Fahmi Rizal yaitu juga ucapan terima kasih kepada para panitia dan peserta DIKSRI II. Suatu keistimewaan ketika Puasa tetapi belajar bersama-sama dengan antusias dan bersemangat. Sesuatu yang diperoleh dengan besusah payah maka hasilnya akan memuaskan. Uniknya IQSAN dengan UKM lain yaitu selalu menjalin komunikasi dengan para pemangku berkah dan menghormati serta menghargai jasa-jasa para ulama.

Kemudian Review materi DIKSRI II Online yang disampaikan oleh peserta yang maju secara mandiri.

Setelah review materi panitia membagi peserta menjadi beberapa kelompok dengan nama-nama kelompok yaitu macam-macam sholat sunnah.

Foto Kegiatan FGD

Adapun setelah kelompok yang dibagi dan diberi arahan dilanjutkan dengan FGD (Forum group Discussion). Setelah FGD yaitu pemaparan hasil yang telah di diskusikan.

Setelah FGD yaitu tadarusan oleh seluruh peserta dan panitia secara bersama-sama hingga waktu Ashar. Setelah sholat ashar yaitu  sholawatan bersama-sama sembari mengisi pohon harapan. Jadi seluruh peserta dan panitia mengisi pohon harapan. Setelah selesai untuk menunggu waktu berbuka puasa dilakukan pembacaan harapan-harapan yang telah ditulis dan ditempelkan pada pohon harapan tersebut.

Setelah masuk waktu berbuka puasa maka peserta dan panitia bersama-sama berbuka Puasa. Setelah selesai berbuka puasa dilanjutkan sholat maghrib berjamaah.

Foto bersama Peserta Diksri 2 secara Offline

Serangkaian acara telah dilaksanakan maka setelah sholat maghhrib berjamaah yaitu penutupan oleh pembawa acara dan peserta pulang.

Sedangkan Panitia setelah selesai acara yaitu bersih-bersih dan dilanjutkan sholat tarawih berjamaah oleh seluruh panitia dan beberapa peserta yang ingin mengikuti sholat tarawih berjamaah.


Penulis   : Ofi & Yusuf
Editor    : Lika

Kerjasama UKM IQSAN dengan SMP Negeri 2 Magelang

Support Universitas Tidar kepada SMP Negeri 2 Magelang melalui UKM IQSAN


Magelang – UKM IQSAN berkerjasama dengan SMP Negeri 2 Magelang dalam kegiatan ekstrakurikuler keagamaan. Hal ini menjadi salah satu bentuk support dari Universitas Tidar kepada Sumber Daya Manusia di SMP N 2 Magelang.

Kerjasama yang dilakukan mempunyai dampak positif serta benefit bagi Universitas Tidar dan SMP Negeri 2 Magelang. Ekstrakurikuler keagamaan yang akan berlangsung mencakup beberapa kegiatan, diantaranya tilawah, tartil, rebana, serta kaligrafi yang ditujukan kepada siswa siswi yang ada. Kegiatan ini sangat sejalan dengan divisi keterampilan yang ada di UKM IQSAN sendiri.

Pihak Universitas Tidar akan memberikan pelatihan keterampilan penulisan bagi tenaga pendidik di SMP N 2 Magelang. Hal ini menjadi benefit tersendiri untuk pihak sekolah. Pihak Sekolah juga telah bersedia untuk menjadi sumber data guna kepentingan penelitian Universitas Tidar.

Penandatanganan kerjasama ini dihadiri oleh Rektor, Wakil Rektor Bidang Akademik, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, kepala BAKPK, Koordinator Perencanaan, Humas dan Kerjasama, Drs. H Sovia Nur, Ka Kan Kemnag Kota Magelang, H. Abdil Rasyid M.Hum, Kasubag TU Kemenag Kota Magelang, Kepala Sekolah, Waka Bidang Kesiswaan, dan Guru Agama Islam SMP N 2 Magelang.

Penandatanganan Program Kerjasama antara Bidang 3 Universitas Tidar melalui UKM IQSAN dengan SMP Negeri 2 Magelang dilaksanakan pada hari Jum’at (25/03) pukul 10.00 WIB sampai 11.00 WIB.

Foto Bersama Pasca Acara Penandatanganan Kerjasama

Harapan dari penandatangaan tersebut adalah mampu membangun sinergi positif yang terus berlanjut antara kedua belah pihak sehingga siswa siswi memiliki keterampilan Seni Islami yang unggul. Selain untuk peserta didik, tenaga pendidik yang ada di SMP Negeri 2 Magelang diharapkan dapat menimba ilmu dari akademisi di Universitas Tidar.

Gema Taman Santri Ramadhan SMP Negeri 2 Magelang merupakan agenda terdekat yang akan terlaksana di Bulan Suci Ramadhan. Selain itu, ekstra kalirafi dan tilawah juga akan terselenggara secara rutin.

Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Magelang sangat bersyukur dengan adanya kerjasama antara Sekolah dan Universitas Tidar. Dengan hal ini menjadi dukungan penuh dalam pencapaian target-target program ekstrakulikuler dan Kokurikuler Keagamaan di SMP Negeri 2 Magelang.


Penulis & Editor   : Malikatun Nasikhah